Jumat, 06 Januari 2017

Manfaat Tapak Dara Bagi Kesehatan Daun Dan Bunga Tapak Dara

Manfaat Tapak Dara Bagi Kesehatan, Daun Dan Bunga Tapak Dara Bisa Digunakan Sebagai Ramuan Kesehatan Untuk Mengobati Penyakit!.

Manfaat Daun Dan Bunga Tapak Dara Bagi Kesehatan

Tapak dara merupakan salah satu jenis tanaman hias (ornamental plant) yang juga dapat digunakan sebagai tanaman obat (medicinal plant) yang berasal dari Madagaskar dan India. Pemberian nama tapak doro /tapak dara atau yang dikenal juga dengan sebutan tapak dara (jejak burung dara) karena buahnya yang panjang lonjong itu tersusun dua-dua, mengingatkan orang dengan jari-jari kaki (tapak) burung dara.
Manfaat Tapak Dara bagi kesehatan dengan kandungan berbagai zat kimia aktif. Tanaman ini mengandung lebih dari 200 macam alkaloid. Disamping itu mengandung flavonoid, fenilpropanoid, saponin, tanin, antosianin, korismat, fillolquinon, antraquinon, menaquinon, naftoquinon dan katalpalakton. Beberapa diantaranya adalah katarantin, leurosin sulfat, loknerin, tetrahidroalstonin, vindolin dan vindolinin (Canto-Canché, BB., et.al. 2005 dan Firdaus, RT., dkk. 2004).

Manfaat Tapak Dara Bagi Kesehatan :

  • Kanker / Cancer
    15 gram tapak dara segar, 30 sampai 60 gram daun pepaya segar, 30 gram daun bayam merah, 30 gram rumput mutiara, direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 300 cc. Lalu disaring dan ditambahkan madu, diminum tiga kali sehari sebanyak 100 cc (tetap konsultasi ke dokter).
  • Kanker payudara/Breast cancer
    6 sampai 15 gram tapak dara kering direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum airnya. 
  • Kanker rahim
    15 gram bunga tapak dara, 30 gram rumput lidah ular, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc dan diminum airnya.
  •  Batu ginjal
    30 gram daun tapak dara, 30 gram daun keji beling, 15 gram daun tempuyung, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian, disaring dan diminum dua kali sehari.
  • Diabetes mellitus(sakit gula/kencing manis)
    1. 6 lembar daun tapak dara, 15 kuntum bunga tapak dara direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, kemudian disaring. Diminum airnya dua kali sehari, pagi dan sore.
    2.  10 - 16 lembar daun tapakdara direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Setelah dingin diminum, diulangi sampai sembuh.
    3. 35 - 45 gram daun tapakdara kering dan adas pulawaras direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Setelah dingin diminum, diulangi sampai sembuh.
    4. 3 lembar daun tapakdara, 15 kuntum bunga tapakdara, direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1,5 gelas. Diminum pagi dan sore setelah makan.
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi/high blood pressure)
    1. 15 gram daun atau bunga tapak dara direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring. Diminum airnya menjelang tidur.
    2.  15 - 20 gram daun tapakdara kering, 10 gram bunga krisan, direbus dengan 2,5 gelas air sampai mendidih dan disaring. Diminum tiap sore.
    3. 35 - 45 gram daun tapakdara kering dan adas pulawaras direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Setelah dingin diminum, diulangi sampai sembuh.
    4. 7 lembar daun atau bunga tapakdara diseduh dengan 1 gelas air dan dibiarkan beberapa saat dan disaring. Diminum menjelang tidur.
  • Leukimia20-25 gram daun tapakdara kering, adas pulawaras, direbus dengan 1 liter air dan disaring. Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
  •  Asma dan bronkhitis1 potong bonggol akar tapakdara direbus dengan 5 gelas air. Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
  •  Demam/fever1 genggam (12 -20 gram) daun tapakdara, 3 potong batang dan akar tapakdara, direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1,5 gelas. Diminum pagi dan sore ditambah gula kelapa.
  • Radang Perut dan disentri15 - 30 gram daun tapakdara kering direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Diminum pagi dan sore dan ditambah dengan gula kelapa.
  • Kurang darah
    4 putik bunga tapakdara putih direndam dengan 1 gelas air, kemudian ditaruh di luar rumah semalam. Diminum pagi hari dan dilakukan secara teratur.
  • Tangan gemetar/shaking hand
    4 - 7 lembar daun tapakdara diseduh dengan 1 gelas air panas dan disaring. Diminum biasa.
  • Gondong, bengkak, bisul dan borok
    1 genggam daun tapakdara ditumbuk halus, ditempelkan pada luka bakar.
  • Luka bakar
    Beberapa daun tapak dara, 0,5 genggam beras, direndam dengan air, kemudian ditumbuk bersama-sama sampai halus, ditempelkan pada luka  bakar.
  • Luka baru
    2 - 5 lembar daun tapakdara dikunyah sampai lembut, ditempelkan pada luka  baru.

Efeksamping Daun Dan Bunga Tapak Dara Penting!! 

Disamping itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan tanaman tapak dara atau Catharanthus roseae sebagai obat herbal tradisional, karena kandungan aktifnya bekerja melawan penyakit kanker tersebut ternyata dapat memberikan beberapa pengaruh negatif terhadap tubuh. Setelah pemakaian vinblastin (murni) biasanya terjadi penurunan sel darah putih (leucopenia) dengan tingkatan yang bervariasi dan kembali seperti semula dalam 1-2 minggu setelah penghentian pemakaian obat. Dapat timbul gangguan nafsu makan dan reaksi pencernaan lainnya seperi mual, muntah, sembelit dan beberapa timbul gangguan neurologis, susah tidur, sakit kepala depresi dan kehilangan reflek dalam.
Penggunaan yang berlebihan atau tidak sesuai dosis juga dapat menyebabkan keracunan. Keracunan vinkristin (murni) bermanifestasi pada sistem syaraf dengan gejala sensasi abnormal, rasa pada tungkai, rasa sakit, kehilangan refleks dalam, rasa lemah, gangguan pergerakan, serak, kelumpuhan kelopak mata (ptosis) penglihatan kembar, 20 % penderita botak (alopecia). Menghambat sistem pembuatan sel darah, hemoglobin, platelets, dan sel darah putih menurun 1-2 mg setelah pemakaian. Tanda-tanda yang lain adalah neuropati , kehilangan refleks tendon, berhalusinasi, koma, sawan dan kematian. Oleh sebab itu pula, seorang wanita hamil dilarang untuk meminum ramuan yang mangandung atau berbahan tapak dara ( Catharanthus roseae ) tersebut.
Load disqus comments

0 komentar