Jumat, 06 Januari 2017

16 Manfaat Bunga Lawang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Bunga Lawang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan, Bunga Lawang Yang Sering Dijadikan Rempah-Rempah Ini Ternyata Punya Segudang Manfaat!.

Manfaat Bunga Lawang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Di Indonesia bunga lawang atau kembang lawang merupakan rempah-rempah yang sering dijadikan bumbu masakan yang beraroma tajam dan banyak. Rempah bunga lawang yang berbentuk seperti bintang ini selain untuk bahan masakan yang bisa Anda manfaatkan juga sekaligus dapat memberikan masakan Anda berkualitas dengan adanya kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan.
Dikutip dari Vemale.Com berikut adalah manfaat bunga lawang untuk kesehatan dan kecantikan.

16 Manfaat Bunga Lawang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan:

  • Menjaga kesehatan kulit
    Salah satu manfaat yang sangat baik dari bunga lawang adalah menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Ini karena bunga lawang memiliki kandungan anethol, yaitu komponen utama minyak adas bunga lawang.
  • Anti Septik Alami
    Minyak adas bunga lawang dengan kandungan anethol, juga bisa Anda gunakan sebagai Anti septik alami.
  • Menjaga kesehatan jantung
    Minyak bunga lawang juga memiliki pengaruh terhadap kontrol tekanan darah. Mengonsumsi minyak ini akan membantu mengurangi tekanan pada jantung, dan menguatkan jantung karena mengandung sifat analgesik alami.
  • Mengurangi gejala rematik
    Tambahkan rempah ini ke dalam menu harian anda, untuk meredakan nyeri akibat rematik dan rasa sakit pada punggung.
  • Mengobati nyeri haid
    Ekstrak bunga lawang mengandung estrogen yang berguna untuk mengatasi gangguan hormonal yang pada wanita seperti kram perut dan nyeri saat haid. Caranya, oleskan minyak bunga lawang pada bagian tubuh yang terasa nyeri kemudian pijat dengan lembut. Minyak alami ini juga dapat diminum, setelah dicampur dengan asam jawa dan air hangat.
  • Mengatasi sembelit dan perut kembung
    Bunga lawang juga dapat bertindak sebagai stimulan pencernaan, sehingga orang China menggunakan rempah ini untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan. Caranya, seduh minyak ini dengan air hangat dan minum di pagi hari.
  • Menghilangkan bau mulut
    Rempah super ini juga berguna untuk menyegarkan bau mulut. Anda dapat memperoleh manfaat ini dengan menambahkan bunga lawang ke dalam masakan anda.
  • Melegakan pernafasan
    Cukup dengan menyeduh bunga lawang bersama secangkir air hangat, dapat mengatasi gejala morning sickness dan melonggarkan pernafasan. Manfaat ini juga dapat didapatkan dengan menggunakan minyak ini sebagai aroma terapi.
  • Mengobati insomnia
    Bunga lawang mempunyai aroma yang kuat, sehingga efektif untuk mengatasi gangguan tidur seperti insomnia. Dengan minum teh bunga lawang, kualitas tidur akan meningkat dan anda akan bangun tidur di pagi hari dalam keadaan segar.
  • Mengobati influenza
    Khasiat bunga lawang memang luar biasa. Minyak dari rempah ini ternyata bersifat anti-jamur, anti-mikroba dan antiseptik. Tentu saja sifat ini bermanfaat untuk mengatasi flu dan demam. Senyawa dalam bunga lawang yang disebut shikimic asam, sangat ampuh untuk melawan virus influenza.
  • Mengatasi luka dan lecet
    Luka ringan di kulit akan mudah sembuh dengan aplikasi bunga lawang. Rempah ini memiliki sifat antiseptik yang dapat mempercepat pemulihan luka.
  • Membantu mengobati asma dan bronchitis
    Bunga lawang memiliki sifat anti-bacterial dan anti-fungi, yang efektif dalam meredakan gejala asma, batuk kering, dan bronchitis. Kini, banyak produsen obat batuk menggunakan rempah ini sebagai bahan utamanya.
  • Meningkatkan ASI
    Salah satu manfaat bunga lawang juga bisa dirasakan oleh para ibu yang sedang menyusi bayi atau balita. Bunga lawang dapat meningkatkan jumlah produksi asi seorang ibu jika dikonsumsi. Minyak bunga lawang mengurangi gejala mual-mual bagi ibu yang sedang mengandung. Selain itu bunga ini juga berguna untuk atasi masalah gangguan pencernaan.
  • Menjaga kecantikan kulit
    Minyak bunga lawang mengandung anethol yang bersifat antiseptik dan antispasmodic. Bukan hanya efektif untuk menjaga kelembaban kulit, tapi bunga lawang juga membantu untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Linalool dalam bunga lawang bersifat antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini termasuk kerusakan pada kulit.
  • Menurunkan berat badan
    Teh herbal ini meningkatkan frekuensi dan volume urine. Ini membantu dalam penurunan berat badan terutama pada orang-orang yang kelebihan berat badan karena retensi air dalam tubuh. Teh ini juga membantu pencernaan dan meningkatkan metabolisme.
  • Mengatasi masalah pencernaan
    Teh bunga lawang mempunyai khasiat yang luar biasa, antara lain sangat bermanfaat dalam mengatasi masalah pencernaan seperti diare, sakit perut dan mual. selain itu teh bunga lawang juga dapat memperbaiki fungsi pencernaan. Untuk mendapatkan khasiatnya cukup mudah, yaitu seduhlah teh bunga lawang selama 10 menit dalam air panas, saringlah dan tambahkan sedikit madu agar lebih mantap.

Jadi, jangan hanya menganggap bahan-bahan dapur seperti bunga lawang di rumah sebagai bumbu saja, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk kepentingan kesehatan Anda.

Kandungan Nutrisi Pada Bunga Lawang

Kandung Bunga Lawang Jumlah/100g
Kalori (kcal)  337
Jumlah Lemak  16 g
Lemak jenuh   0,6 g
Lemak tak jenuh ganda   3,2 g
Lemak tak jenuh tunggal   10 g
Kolesterol   0 mg
Natrium   16 mg
Kalium   1.441 mg
Jumlah Karbohidrat   50 g
Serat pangan   15 g
Protein   18 g
Vitamin A 311 IU Vitamin C 21 mg
Kalsium 646 mg Zat besi 37 mg
Vitamin D 0 IU Vitamin B6 0,7 mg
Vitamin B12 0 µg Magnesium 170 mg
Load disqus comments

0 komentar