Minggu, 29 Januari 2017

Manfaat Tanaman Daun Kacang Gude Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Gude Untuk Kesehatan, Tanaman Gude dikenal juga kacang gude, kacang kayo, atau kacang bali mempunyai manfaat besar untuk kesehatan!
1 / 3

Tanaman Daun Kacang Gude
2 / 3

Kacang Gude
3 / 3

Manfaat Tanaman Daun Kacang Gude


Manfaat Tanaman Daun Kacang Gude Untuk Kesehatan

Dalam pengobatan, gude juga sangat berguna; rebusan daun dari kacang gude dimanfaatkan dalam pengobatan. Heyne mempelajari bahwa di Buitenzorg (sekarang Bogor) bahwa di sana ia dipergunakan untuk mengobati gatal-gatal. Daun kacang gude dipergunakan untuk mengobati sakit kuning, sakit pada mulut, pernafasan, dan gangguan perut. Di Jawa, daun memang dipergunakan untuk mengobati demam, dan herpes. Akar dan biji juga tak kalah berguna; akar untuk mengobati cacingan, batuk berdahak, dan luka. Sementara, bijinya dipergunakan utnuk mengobati memar. Di beberapa wilayah di Afrika, tumbuhan ini dipakai untuk mengobati masalah pencernaan. Malahan, di Madagaskar tumbuhan ini dipakai untuk membersihkan gigi. Selain itu pula, tumbuhan ini dipakai untuk mengobati infeksi mata, sakit telinga, dan akarnya dipakai untuk pengobatan sipilis. Bijinya bersifat antikanker.

Kandungan Kimia Tanaman Daun Kacang Gude

Kandungan kimia dan gizinya, diketahui bahwa: daun gude mengandung flavonoida, saponin, dan polifenol. Sedangkan batang mengandung flavonoida, saponin, dan tanin. Menurut situs Globinmed.com, disebutkan lebih lengkap kandungan gizinya:2'-o-methylcajanone, 7-hydroxy-methoxyisolaflavone, alpha-copaene, beta-himachalene, cajaminose, cajanin, asam cajaninistilbene, cajaquinone, lupeol, orientin, asam fitat, pinostrobin, vitexin, dan lain-lain. Energi yang terkandung berkisar 1450 kJ/100 g. Biji segar mengandung vitamin, terutama provitamin A dan vitamin B kompleks.

Tabel Kandungan Nutrisi Tanaman Daun Kacang Gude

Nilai nutrisi per 100 g (3.5 oz) Kacang gude, biji kering
Kandungan Jumlah
Energi 1,450 kJ (350 kcal)
Karbohidrat 36-65.8 g
- Serat pangan 5-9.4 g
Lemak 1-9 g
Protein 1430 g
Air 7-10.3 g
Sumber: Wikipedia
Nah itu dia Manfaat Tanaman Daun Kacang Gude Untuk Kesehatan, Perlu di ingatkan untuk mengolah ramuan herbal pastikan takaran ramuan harus benar-benar diperhitungkan dan selalu konsultasikan dengan dokter.
Load disqus comments

0 komentar